Tips Memilih Domain

Posted in News |

Tips Memilih Domain

Keberhasilan sebuah produk tentunya dipengaruhi oleh pemilik merek yang tepat. Makanya Anda juga perlu kecermatan memilih nama domain agar website yang Anda miliki bisa lebih sukses. Mari kita simak beberapa poin penting yang seringkali terabaikan ketika membeli nama domain. Agar Anda tidak salah langkah.

Utamakan domain .com

Kenapa harusĀ  .com? mari kita study kasus dulu pada merek besar seperti Facebook, Google, Amazon, atau Youtube. Secara tidak sadar, Anda pasti mengasosiasikan .com di belakang masing-masing merek tersebut. Merek-merk besar inilah yang membentuk paradigm masyarakat untuk mengaitkan internet secara garis besar dengan .com. Tren ini diprediksikan tidak akan berubah selama 10 tahun ke depan. Karena tren pesaingnya, yaitu penggunaan nama domain .merek (atau lebih familiar disebut .anything) masih ada kesempatan, penting sekali untuk mengikuti tren dan mengamankan nama domain .com Anda.

domainBeli juga nama alternatif

Ciptakan sebuah daftar yang berisi nama domain alternatif dari nama domain utama Anda. Misalnya versi singular dan plural (puppy.com dan puppies.com), kesalahan error seperti Google yang juga punya nama domain seperti Gogle.com dan Gooogle.com, dan ekstensi lain seperti .net .info .org .biz, dlsb.

Domain-namesSesuai tema dan bidang usaha

Misalnya dengan menyebut nama domain domain2hosting.com saja, pengunjung pasti dapat langsung mengidentifikasi bahwa nama domain tersebut milik sebuah website yang menyediakan jasa layanan hosting dan domain. Makanya, masukkan unsur produk ke dalam nama domain bisa jadi salah satu pertimbangan Anda.

Register nama pribadi

Jika Anda seorang blogger, penulis, konsultan yang sedang membangun citra diri online Anda, maka Anda dapat mendaftarkan nama Anda sendiri sebagai nama domain.

Hindari trademark

Jangan mendaftarkan nama domain merek yang sudah punya copyright / trademark. Banyak bisnis yang kehilangan hak terhadap nama domainnya karena dispute / konflik trademark dengan bisnis lain.

Hindari tanda strip (-)

Seringkali seorang MC kesulitan menyebutkan nama salah satu sponsor pendukung acara yang menggunakan tanda dashes. Contoh nyatanya adalah portal IM# jaman dulu, sekitar tahun 2000-an. Kala itu mereka memutuskan menggunakan domain m3access.com sebagai alternative karena nama domain utamanya m3-access.com tidak bagus dari segi viral (marketing dari mulut ke mulut).

shortcut-domain

Hindari ejaan yang susah

Anda mungkin pandai berbahasa asing. Namun tidak semua orang Indonesia pandai berbahasa asing seperti Anda. Makanya, perhitungkan cara lafal dan kemungkinan mistype dari target pengunjung website Anda. Misalnya nama domain random seperti www.hailtothequeen.com, mungkin akan kurang tepat jika target marketnya adalah orang pinggiran di Indonesia. Sebab jadinya malah susah dieja dan dihafal. Kan sayang jika yang hafal nama domain kita hanya kita sendiri?

Domain harus dilengkapi Domain Manager

Di masa kini, tidak mudah memilih penyedia nama domain. Karena di luaran sana ada banyak sekali jasa penyedia domain. Dan masing-masing penyedia punya standar yang berbeda-beda. Makanya, Anda perlu teliti sebelum membeli. Pastikan agar Anda diberi domain manager. Sebab Domain Manager merupakan pratanda yang menunjukkan kepemilikan penuh kita terhadap suatu domain. Domain Manager yang lengkap, minimal memberikan hak akses berikut: ganti Name Server, mengetahui EPP Key untuk pemindahan domain, dan mengganti Informasi Whois. Keseluruhan fitur tersebut akan sangat berpengaruh pada lifetime domain Anda di masa depan.

Domain dilengkapi fasilitas yang menunjang

Dengan harga yang sesuai dengan budget, pastikan pula bahwa Anda telah mendapatkan fasilitas pendukung seperti DNS untuk mengaktifkan fitur mail server eksternal atau mengarahkan domain ke blogspot atau server pribadi kita, Domain Forwarding untuk redirect domain ke website lain jika perlu, Email Forwarding untuk masking akun email Gmail dengan nama domain Anda jika perlu, privacy protection untuk merahasiakan identitas Anda di situs pencarian Whois, dan Domain Lock untuk mencegah domain Anda dipindah keluar tanpa sepengetahuan Anda.

Jangan mengulur waktu

Tips terakhir adalah jangan mengulur waktu. Daftarkan nama domain Anda sekarang juga. Karena pada dunia jual beli nama domain, berlaku system first come first served. Artinya sedetik Anda telat mendaftarkan nama domain Anda, maka nama tersebut bisa jadi milik orang lain. Jadi, Selamat membeli domain.

start-2 small

Lowongan Kerja

Dibutuhkan lulusan SMK DKV atau Multimedia, detil klik link dibawah ini.

Lowongan Kerja SMK

Permintaan Penawaran Website

Anda butuh website, dan ingin membiacarakannnya dengan kami? Infokan web yang Anda inginkan, kami siap membantu! klik link dibawah ini.

Permintaan Penawaran Website